Founder Wordress

Matthew Charles Mullenweg yang juga dikenal dengan Matt Mullenweg lahir di Housten, Texas, Amerika Serikat pada tanggal 11 Januari 1984 merupakan pendiri dan juga pengembang dari WordPress. Sedangkan Matt menjalani pendidikan SMA-nya di bidang Seni Visual dan Pertunjukan. Anah memang, walaupun Pedidikannya tidak di bidang Programing Komputer dan Internet tapi dia bisa berhasil mendirikan dan mengembangkan CMS berbasis Open Source yang dikemas kedalam WordPress.

Pada saat Matt berumur 18 Tahun (tahun 2002) ia mulai menggunakan fasilitas b2cafelog (bbpress.org) untuk mempublikasikan fhoto-fhotonya ketika sedang perjalanan ke Washington D.C. Namun setelah beberapa bulan kemudian bbpress tempat Matt mempublikasikan fhoto-fhotonya berhenti dari pengembangan situsnya. Dari situlah kemudian muncul pemikiran kreatif dari Matt hingga Januari 2003 dia mengumumkan lewat blog-nya akan mengembangkan blog b2 sesuai dengan standar web pada saat itu.

Bersama dengan temannya Mike Little, Matt mulai mengembangkan WordPress yang merupakan turunan dari b2. Perkembangannya terus berlanjut dan mantan pengembang b2 pun ikut serta di dalamnya (Michel Valdrighi).  Hingga pada tanggal 27 Mei 2003 WordPress meluncurkan versi pertamanya 0.70 yang masih mengandung struktur file sama seperti b2cafelog.

Di balik kesuksesannya ada nasib buruk yang menimpa dirinya. Pada tahun 2004, dalam pendidikan formalnya ia di Drop-Out alis (DO) dan pindah dari Houston ke San Fransisco (California) untuk bekerja pada CNET selama setahun.

Walaupun ia seorang Mahasiswa Drop Out (DO) tapi ia merupakan pengusaha muda yang kaya dan sukses. Sehingga Majalah PC Word menobatkan ia sebagai “16 dari 50 orang yang terpenting di dunia internet”. Matt juga sempat berkunjung ke Indonesia pada pertengahan Januari 2009 dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 sebagai tamu utamanya.

Di samping itu juga Matt ketika berkunjung ke Indonesia ada dalam acara Apa Kabar Indonesia di TV One dengan topik “Bisnis Online, Meraup untung lewat Internet”. Bersama bintang tamu dari Indonesia juga Bapak Nukman Luthfie yang di wawancarai oleh Mbak Thalia.

Screeshot :

Matt Mullenweg


Nukman Luthfie dan Matt Mullenweg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s