Seputar Web Security WordPress

Untuk pembelajar cara kita mengetahui celah ke amanan pada WordPress terlebih dahulu kita harus tahu dimana kita harus belajarnya. Banyak website di luar sana yang membahas soal keamanan wordpress. Di samping WordPress sendiri menyediakan Forum untuk penggunanya (id.wordpress.org / id.wordpress.com). Di bawah ini adalah list Website yang yang membahas soal WordPress dan tentunya ada kategoty untuk keamanannya juga.

1. WordPress Republik

WordPress Republik pertama kali di publikasikan pada tanggal 3 Juni 2008 oleh Nurudin Jauhari yang bertujuan sebagai tempat berbagi apa saja tetang WordPress. Seperti plug in, thema, code, dan juga panduan untuk pengguna baru WordPress.

Nama         : WordPress Republik (WR)

Website     : http://www.wordpressrepublik.com

Founder   : Nurudin Jauhari

Group FB : http://www.facebook.com/group.php?gid=89360441127

Sedikit mengulas tentang Founder dapat di add aja Facebooknya di alamat http://www.facebook.com/n.jauhari dan juga kunjungi blognya di http://nurudin.jauhari.net/ atau bisa chat langsung melalui YM-nya “n.jauhari” tanpa tanda kutip.

Setelah saya mencoba menanyakan langsung kepada sang founder pada tanggal 08 Februari jam 11 siang, katanya Forum tersebut untuk saat ini sepi dan para pengurusnya belum terorganisir. Alasan lain mengapa Forum tersebut juga sepi di karenakan ada beberapa spam yang mengganggu forum tersebut.

2. WordPress Indonesia

WordPress Indonesia yang beralamat di http://wordpress.or.id sebenarnya bukan resmi website resmi WordPress Indonesia. WordPress Indonesia yang asli beralamat di http://id.wordpress.com dan http://id.wordpress.org. Di karenakan si Founder Lutvi Avandi melihat perkembangan WordPress Indonesia yang asli lambat perkembangannya jadi dia berinisiatif membuat blog wordpress.or.id supaya dapat lebih di kenal oleh masyarakat Indonesia.

Nama         : WordPress Indonesia

Website     : http://wordpress.or.id

Founder   : Lutvi Avandi

Selain kita mengenal wordpress.or.id, Lutvi Avandi membuat blog dengan nama Cafe Blogger yang mempunyai

Visi : Sebuah blog yang menjadi tempat berkumpul dan berlatih bagi semua blogger Indonesia.

Misi :

  • Membuat blog dengan tampilan yang menarik.
  • Mengisi dengan aneka tutorial dan tausiyah yang mudah dipahami.
  • Melakukan promosi untuk menarik sebanyak mungkin blogger.
  • Menjalin hubungan baik dengan sesama blogger baik melalui tukar kunjungan atau tukar link.
  • Mengawasi perkembangan issue di dunia dan membuat solusi-solusi penanganan terhadap segala masalah.

Anda dapat mengunjungi situsnya di http://cafeblogger.web.id. Kalau kurang puas melihat info di atas, di bawah ada detail profil dari Sang Founder WordPress Indonesia dan Cafeblogger :

Nama Asli   : Lutvi Avandi
Alamat         : Sidoarjo
Pendidikan : Jurusan Listrik STM Negeri 3 Surabaya (nggak nyambung sama nge-blog)
Pekerjaan    : Online Marketing
Hobby          : Otak-atik Script Web Open Source


3. Exclusive WordPress

Blog sederhana yang dibuat oleh Wawan – [Poer] seorang karyawan sewasta yang terjebak di Balik Papan. Situs itu di maksudkan hanya sekedar untuk menampung catatan-catatan kecil dari Founder tentang belajar WordPress.

Nama        : Exclusive WordPress

Website    : http://exclusivewordpress.com

Founder   : Wawan – [Poer]

Kata Founder kalau blognya jarang di update dapat mengunjungi ke blog pribadi Founder langsung melalui situs http://mimpikami.com.


4. Belajar WordPress

Masih mau belajar WordPress ??? Disini anda bisa langsung mendownload melalui E-Mail E-Book tutorial WordPress secara gratis. E-Booknya berisi dasar-dasar pembelajaran mengenai penggunaan WordPress. Selain itu juga anda bisa berdiskuis di Forum belajar WordPress, tapi ketika saya menulis ini pada tanggal 09 Februari 2011 Forumnya masih dalam masa perbaikan. Semoga kedepannya Forum belajar WordPress bisa kembali normal.

Nama        : Belajar WordPress

Website   : http://belajarwordpress.com

Forum     : http://forum.belajarwordpress.com

Founder : River Maya

Ketika saya mengunjung Forumnya saya menemukan tulisan seperti di bawah ini :

Mohon Maaf
Untuk Waktu Yang Tidak Bisa ditentukan
Forum saya tutup dahulu
karena keterbatasan waktu saya

Terima Kasih Sudah Mengunjungi

Keep Blogging !

5. Diwordpress.Com

Subkhan Puji Laksono seorang Mahasiswa Universitas Airlangga tidak memiliki background web design, web programming, atau hal-hal yang berbasis web. Namun berkat keinginan kuat terhadap hobbinya ia terus kembangkan keinginannya itu hingga memperoleh hasil yang maksimal. Walaupun pada kenyataannya ia Mengambil Jurusan Sastra Jepang dalam kuliahnya yang tidak ada hubungan sama sekali dengan hobby yang ia geluti. Meskipun begitu ia tetap mendalami hobinya tentang Blog dan WordPress design.

Selain memakai Nama Subkhan Puji Laksono di dunia maya ia juga memakai nama beken ; Masbeken, Beckz, Subebeck, Sing Mbaurekso Gubug. Jadi kalau ketemu nick itu mungkin saja dia, tapi tidak menutup kemungkinan ada juga nick yang sama tapi bukan dia atau ada orang yang sengaja memakai nick itu untuk menjatuhkan martabat sang founder Diwordpress.Com.

Nama        : DiWordpress.Com

Website   : http://diwordpress.com

Founder : Subkhan Puji Laksono

6. WP Indonesia

WP Indonesia adalah situs yang di tujukan untuk para pengguna WordPress yang berisi artikel-artikel khusus membahas Platform pada WordPress yang tulisannya berasal dari kontribusi dari para pengguna WordPress di seluruh Indonesia.  WP Indonesia sendiri menggunakan WordPress for IIS yang berjalan pada Platform Windows, mulai dari VPS, OS dan Web Server.

Nama        : Komunitas Pengguna WordPress Indonesia

Website   : http://wpindonesia.net

Founder : Mohamad Iqbal

Didirikan oleh Mohamad Iqbal seorang Blogger dan Web Enthusiast. Selain Founder WP Indonesia dia juga menjadi pemegang situs http://indoblogger.or.idhttp://materikuliah.info dan http://perpusonline.com.

7. WordPress Indonesia (wp.web.id)

Blog WordPress Indonesia (wp.web.id) merupakan blog pribadi milik Ken Reidy sama sekali tidak ada kaitan dengan pemilik asli WordPress.  Namun besar harapan kedepannya blog tersebut bisa menjadi rujukan bagi para pengguna WordPress di Indonesia.

Nama         : WordPress Indonesia (wp.web.id)

Website     : http://wp.web.id

Founder    : Ken Reidy

Selain itu juga dia menyediakan Premium Support melalui website Design Surabaya di alamat http://www.webdesignsurabaya.com. Anda juga dapat mengenal lebih dekat Ken Reidy di situs ; http://www.kenreidy.comhttp://kenreidy.net dan yang paling menarik di http://www.kenreidy.web.id.

8. Panduan Tidak Resmi di WordPress.com

Sebenarnya ini tidak ada kaitannya mengenai WordPress yang akan di bahas disini. Cuma ini hanya sebatas untuk sekedar informasi saja bagi para pengguna di WordPress.com sebagai panduan dalam blogging anda.

Nama       : Panduan Tidak Resmi WordPress.Com

Website   : http://panduan.wordpress.com

Founder  :  Mr. Urip

Blog ini di buat untuk membantu para newbie blogger yang baru terjun ke dunia blogging dan bagi para calon blogger yang sebelumnya belum sama sekali mencoba di dunia blogging.

9. Panduan WordPress Gratis

Tujuan dari Panduan WordPress Gratis tidak hanya sebatas untuk saling berbagi soal panduan WordPress kepada semua pengguna WordPress di seluruh Indonesia.

Nama        : Panduan WordPress Gratis

Website    : http://panduanwp.com

Founder  : Nurudin Jauhari

Awalnya saya bingung di website tersebut tidak di sebutkan siapa pemikilnya. Setelah di cari infonya melalui website http://www.zonecut.net/dns/, disitu jelas terpampang nama Jauhari. Jadi saya simpulkan bahwa pemilik website tersebut masih sama dengan Founder WordPress Republik.

10. ID Tutorial

Keramahan website ini terlihat dari About (tentang diri), ia menonjolkan sikap merendah dan menyebutkan tidak ingin mengajari bagi para pembacanya. Akan tetap harapan dari Founder website tersebut hanyalah sebatas berbagi ilmu saja bagi para pengguna WordPress di seluruh tanah air. Dia mengingankan sama-sama belajar mendalami soal WordPress agar bisa terus semangat dalam belajarnya. Karena berbagi itu indah, bukan hanya sebatas memberikan ilmu semata.

Nama            : ID Tutorial

Website        : http://idtutorial.com

Founder       : Kang Rohman

Siapa yang tidak mengenal Kang Rohman di dunia blogging ? Tidak asing lagi dengan nama itu, seorang master blog yang menjadi tempat bertanya blogger di tanah air. Selain pengguna WordPress Kang Rohman juga banyak terkenal dengan blognya dia alamat http://kolom-tutorial.blogspot.com.

11. Tutorial Tips WordPress

Tidak seperti yang lainnya, judul mencerminkan isi atau domain mencerminkan isi website. Walaupun website ini dengan judul Tutorial Tips WordPress tapi domainnya diisi dengan nama pemilik blog tersebut, Satrya Bima. Satrya Bima adalah seorang anak muda yang menyukai dan mendalami dunia Web Design dan WordPress. Selain hobinya di dunia Internet dia juga menjadi Vokalis group Band di tempat tinggalnya.

Nama        : Tutorial Tips WordPress

Website    : http://www.margasatrya.com/

Founder   : Satrya Bima

Selain itu founder juga membuka studio web design online yang beralamat disitus http://www.craftdsign.com. Di setudio tersebut dia membuka jasa web design, pemilihan template, dan jasa pembuatan website.

12. Blog Security

Setelah sekian hari muter-muter di google mencari info tentang WordPress yang berbahasa Indonesia, rasanya sekarang sudah saatnya kita mencari referensi blog berbahasa asing. Karena saya rasa cukup dengan 11 situs saja untuk menjadi rujukan WordPress yang berbahasa indonesia, walaupun pada kenyataannya masih banyak blog-blog yang berbahasa Indonesia membahas soal WordPress. Tapi saya cuma bisa menemukan 11 saja, itu juga sudah lebih dari cukup untuk standar pengguna wordpress pemula.

Nama       : Blog Security

Website   : http://blogsecurity.net

Founder : –

Blog Security merupakan panduan keamanan yang saat ini berfokus lebih spesifik pada celah keamanan WordPress dan sudah terkenal dalam pengguna WordPress di seluruh dunia.

Walaupun pada awalnya berfokus pada celah keamanan WordPress, BlogSec berencana melakukan expaning ke proyek yang Open Source dalam proyek pengembangan.

Dari hasil penelurusan saya mungkin cukup sekian dulu daftar web/blog yang membahas soal WordPress. Namun di bawah ini masih ada beberapa daftar yang belum saya teliti lebih dalam lagi, cuma sekedar info link web/blog’a saja.

https://wpsecurity.net/

http://bel4j4r.wordpress.com/

http://belajarwordpress.blogspot.com/

http://www.belajarngeblog.com/

http://rivermaya.wordpress.com/

http://blogtutorialwordpress.wordpress.com/

http://dtutorial.com/

http://blogiologi.com/

http://kampuswordpress.com/

http://tutorialgratis.net/

Jika ini tidak cukup, masih banyak lagi di Google. Maka dari itu sering-sering lah googling untuk menambahkan informasinya.

Iklan

7 thoughts on “Seputar Web Security WordPress

  1. Komplit ya daftarnya! Tapi kalo perlunya tau banyak tentang web security wp rujukan utama & pertama tetep wordpress.org, forumnya, codex, milist, trac, pipeline auttomatic, atau chat langsung aja ama staf 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s